Abstract:
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana perangkat
pembelajaran menggunakan model eliciting activities hasil pengembangan pada
siswa SMP Muhammadiya 8 Medan T. P 2017/2018?
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat
pembelajaran matematika berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar
Kerja Peserta Didik (LKPD), Bahan Ajar, Media Pembelajaran dan Perangkat
Penilaian dengan menerapkan model eliciting activities dalam meningkatkan
penguasaan konsep siswa dan untuk mengetahui kualitas perangkat pembelajaran
berdasarkan aspek kevalidan dan aspek keefektifan.
Prosedur pengembangan pembelajaran mengacu pada model pengembangan
4-D, yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), dan develop
(pengembangan), Subjek penelitian ini adalah perangkat pembelajaran matematika
berupa RPP, LKPD, Bahan Ajar, Media Pembelajaran dan Perangkat Penilaian
dengan menerapkan model Eliciting Activities pada materi segi empat.
Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penilaian
RPP, Bahan Ajar, LKPD, Media Pembelajaran, dan THB untuk mengukur kevalidan
dan angket respon siswa untuk mengukur keefektifan.
Kualitas Kevalidan perangkat pembelajaran memenuhi kriteria valid
berdasarkan skor rata-rata RPP yaitu 4,50 dengan kriteria sangat baik, skor rata-rata
Bahan Ajar yaitu 4,52 dengan kriteria sangat baik, skor rata-rata LKPD yaitu 4,52
dengan kriteria baik, skor rata – rata Media Pembelajaran yaitu 4,58 dengan criteria
sangat baik dan skor rata – rata Tes Hasil Belajar yaitu 4,55 dengan kriteria sangat
baik sehingga perangkat pembelajaran dapat dikatakan efektif.