Abstract:
Peneliti ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media gambar terhadap
kemampuan berbicara kelas IX SMP Muhammadiyah 06 Medan Tahun
Pembelajaran 2018-20189. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas IX yang
terdiri dari 7 kelas dengan jumlah 267 siswa. Sampel penelitian ini adalah kelas
IX2 ditetapkan sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 37. Metode yang
digunakan dalam penelitia ini adalah metode eksperimen. Instrumen penelitian
ini menggunakan pengamatan atau observasi yang menggunakan tes
kemampuan berbicara . Hasil dari penelitian ini diperoleh nilai menggunakan
media gambar Oleh Siswa Kelas IX SMP Muhammadiyah 06 Medan Tahun
Pembelajaran 2018-2019. Siswa yang memperoleh nilai 80-100 sangat baik 18
orang (48,65%) dan siswa yang memperoleh nilai 66-79 baik 17 orang
(45,94%), siswa yang memperoleh nilai 40-55 cukup 2 orang. Selanjutnya
pengujian hipotesis thitung > ttabel yaitu (32,7176 > 1,687). Dengan demikian
hipotesis berbunyi terdapat “Pengaruh Media Gambar Terhadap Kemampuan
Berbicara Kelas IX SMP Muhammadiyah 06 Medan Tahun Pembelajaran
2018-2019”.