Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk, jenis-jenis campur kode,
dan faktor-faktor penyebab terjadinya campur kode dalam slogan papan reklame
di kota Medan.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Metode yang digunakan
dalam pengumpulan data penelitian ini adalah menggunakan metode
dokumentasi. Adapun teknik analisis data dalam penelitian ini diawali dengan
membaca slogan yang terdapat dalam papan reklame, kemudian mencatat,
mendokumentasikan, dan mengumpulkan data yaitu slogan yang terdapat dalam
papan reklame, proses selanjutnya menganalisis data secara deskriptif, dan
terakhir dilakukan menyimpulkan data.
Hasil penelitian ini ditemukan adanya peristiwa campur kode. Bentuk campur
kode yang terjadi berupa baster. Jenis-jenis campur kode dalam penelitian ini
dibedakan menjadi dua, yaitu (1) campur kode ke luar (outer code mixing) dan (2)
campur kode ke dalam ( inner code mixing). Faktor-faktor yang menjadi penyebab
terjadinya peristiwa campur kode dalam slogan papan reklame tersebut adalah (1)
keterbatasan penguasaan kode dan (2) penggunaan istilah yang lebih populer.