Abstract:
Permasalahan pada penilitian ini adalah rendahnya hasil belajar Matematika siswa
kelas VII MTs Islamiyah Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
bagaimana kemampuan berpikir kreatif siswa dalam pemecahan masalah matematika
pada materi syarat melukis segitiga siswa kelas VII MTs Islamiyah Medan T.P
2017/2018 dan untuk mengetahui apakah penggunaan model pembelajaran Creative
Problem Solving efektiv untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah pada
siswa kelas VII MTs Islamiyah Medan T.P 2017/2018. Penelitian ini dilakukan di
MTs Islamiyah Medan populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa VII MTs
Islamiyah Medan yang berjumlah 20 siswa/i. Tehnik pengumpulan data dengan
lembar observasi siswa , lembar observasi guru serta test siklus I dan siklus II yang
keduanya berjumlah 10 soal. Tehnik analisis data melalui menghitung rata-rata nilai
kelas, penilaian ketuntasan hasil belajar dan menganalisis hasil observasi.Dari hasil
analisis data menunjukan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran
Creative Problem Solving Berbasis CD adalah nilai hasil belajar pada test siklus I
yaitu 67,05 dengan nilai tertinggi 80 dan terendah 45., Sedangkan pada test siklus II
yaitu 76,85 dengan nilai tertinggi 93 dan terendah 55. Dengan kata lain hasil dari
siklus I dan siklus II meningkat.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model
pembelajaran Creative Problem Solving Berbasis CD terbukti dapat meningkatkan
ketuntasan hasil belajar matematika siswa di kelas VII MTs Islamiyah Medan T.P
2016/2018