Research Repository

Pengaruh Metode Pembelajaran Improve Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematika Siswa SMK Swasta BM AlFattah, Medan T.P 2017/2018

Show simple item record

dc.contributor.author Ismayana, Putri
dc.date.accessioned 2020-11-11T08:17:49Z
dc.date.available 2020-11-11T08:17:49Z
dc.date.issued 2018-02-20
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10491
dc.description.abstract Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : (1) Apakah ada Pengaruh metode Pembelajaran Improve terhadap kemampuan pemahaman matematika siswa SMK Swasta BM Al-Fattah, Medan Tahun Pelajaran 2017/2018 (2) Berapa besar pengaruh metode pembelajaran Improve terhadap kemampuan pemahaman matematika siswa SMK Swasta BM Al-Fattah, Medan Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui apakah ada pengaruh metode pembelajaran Improve terhadap kemampuan pemahaman matematika siswa SMK Swasta BM Al-Fattah, Medan tahun pelajaran 2017/2018. (2) Untuk mengetahui berapa besar pengaruh metode pembelajaran Improve terhadap kemampuan pemahaman matematika siswa SMK Swasta BM Al-Fattah, Medan tahun pelajaran 2017/2018. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes yang terdiri dari pos tes. Instrumen ini dilakukan untuk dapat melihat hubungan dari variabel penelitian. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMK Swasta BM Al-Fattah, Medan yang terdiri dari 2 kelas yang berjumlah 62 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan mengambil seluruh siswa karena populasinya kurang dari 100 siswa. Dari hasil uji analisis diperoleh rata-rata dan standart deviasi untuk kemampuan pemahaman siswa (Y) adalah 86,25 dan 10,69. Sedangkan respon untuk metode tersebut diperoleh rata-rata dan standart deviasi (X) adalah 78,93 dan 10,49. Dan hasil perhitungan menggunakan uji t diperoleh harga thitung = 6,6593 setelah dibandingkan dengan harga ttabel = 2,0003 ternya thitung > ttabel sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Maka hasil analisa menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan berarti antara Pengaruh metode Pembelajaran Improve terhadap kemampuan pemahaman matematika siswa SMK Swasta BM Al-Fattah, Medan Tahun Pelajaran 2017/2018 sebesar 0,6907 atau 69,07%. en_US
dc.subject Metode Improve en_US
dc.subject Kemampuan Pemahaman Matematika en_US
dc.title Pengaruh Metode Pembelajaran Improve Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematika Siswa SMK Swasta BM AlFattah, Medan T.P 2017/2018 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account