Abstract:
Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : (1)
Apakah ada Pengaruh metode Pembelajaran Improve terhadap kemampuan
pemahaman matematika siswa SMK Swasta BM Al-Fattah, Medan Tahun
Pelajaran 2017/2018 (2) Berapa besar pengaruh metode pembelajaran Improve
terhadap kemampuan pemahaman matematika siswa SMK Swasta BM Al-Fattah,
Medan Tahun Pelajaran 2017/2018.
Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui apakah ada pengaruh metode
pembelajaran Improve terhadap kemampuan pemahaman matematika siswa SMK
Swasta BM Al-Fattah, Medan tahun pelajaran 2017/2018. (2) Untuk mengetahui
berapa besar pengaruh metode pembelajaran Improve terhadap kemampuan
pemahaman matematika siswa SMK Swasta BM Al-Fattah, Medan tahun
pelajaran 2017/2018.
Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes yang terdiri dari
pos tes. Instrumen ini dilakukan untuk dapat melihat hubungan dari variabel
penelitian. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam
penelitian ini adalah siswa SMK Swasta BM Al-Fattah, Medan yang terdiri dari 2
kelas yang berjumlah 62 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan
mengambil seluruh siswa karena populasinya kurang dari 100 siswa.
Dari hasil uji analisis diperoleh rata-rata dan standart deviasi untuk
kemampuan pemahaman siswa (Y) adalah 86,25 dan 10,69. Sedangkan respon
untuk metode tersebut diperoleh rata-rata dan standart deviasi (X) adalah 78,93
dan 10,49. Dan hasil perhitungan menggunakan uji t diperoleh harga thitung =
6,6593 setelah dibandingkan dengan harga ttabel = 2,0003 ternya thitung > ttabel
sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Maka hasil analisa menunjukkan bahwa
terdapat pengaruh yang positif dan berarti antara Pengaruh metode
Pembelajaran Improve terhadap kemampuan pemahaman matematika siswa
SMK Swasta BM Al-Fattah, Medan Tahun Pelajaran 2017/2018 sebesar 0,6907
atau 69,07%.