Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak pengaruh model
pembelajaran kooperatif Two Stay Two Stray terhadap kemampuan komunikasi
matematis siswa SMA Muhammadiyah 01 Medan T.A 2019/2020 pada materi
Program Linear. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain
penelitian eksperimen semu. Populasi dari penelitian ini berjumlah 95 siswa yang
terdiri dari 3 kelas yaitu kelas XI IPA-1 , XI IPA-2, dan XI IPS. sampel dalam
penelitian ini adalah kelas XI IPA-1 sebagai kelas kontrol dan kelas XI IPA-2
sebagai kelas eksperimen. Instrumen dalam penelitian ini yaitu instrument tes
dengan pre test dan post test. Teknik analisis data menggunakan uji prasayarat
(normalitas dan homogenitas) da uji hipotesis. Pengujian hipotesis dengan uji t
menunjukkan hasil thitung (7.74384) > ttabel (1.9985) sehingga HO ditolak dan Ha
diterima sehingga dapat disimpulkan ada pengaruh model pembelajaran
kooperatif Two Stay Two Stray terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa
SMA Muhammadiyah 01 Medan T.A 2019/2020 dan pengaruh sebesar 68.389 %.