Research Repository

Pengaruh Strategi Pembelajaran Index Card Match Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SMP Muhammadiyah 05 Medan

Show simple item record

dc.contributor.author Safira, Putri
dc.date.accessioned 2020-11-11T08:12:31Z
dc.date.available 2020-11-11T08:12:31Z
dc.date.issued 2018-03-20
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10486
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran Index Card Match terhadap prestasi belajar matematika siswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasy experimental dengan desain penelitian Posttest Only Control Group Desain. Penelitian ini dilakukan di SMP Muhammadiyah 05 Medan tanggal 13 Februari sampai dengan tanggal 27 Februari 2018 pada kelas tujuh SMP Muhammadiyah 05 Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 05 Medan T.P 2017/2018. Pengambilan sampel dipilih secara acak, untuk itu sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII A yang berjumlah 30 siswa sebagai kelas kontrol dan kelas VII B yang berjumlah 30 siswa sebagai kelas eksperimen. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes sebanyak 5 butir soal berbentuk essay tes. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan uji-t untuk menguji hipotesis yang diajukan. Dari hasil perhitungan yang telah dilakukan, rata-rata nilai posttest kelas eksperimen adalah 82,3 sedangkan nilai rata-rata nilai posttest kelas kontrol adalah 79,9. Dan hasil uji hipotesis menggunakan uji-t diperoleh t hitung sebesar 1,8342 kemudian dikonsultasikan dengan taraf 0,05 dan derajat kebebasan 56 diperoleh nilai t tabel sebesar 1,6725. Karena thitung > ttabel (1,8342 > 1,6725) maka H0 ditolak dan Ha diterima yang berarti terdapat perbedaan prestasi belajar matematika siswa antara kelas yang diajarkan dengan strategi pembelajaran Index Card Match dengan kelas yang diajarkan dengan strategi pembelajaran konvensional. Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan bahwa prestasi belajar matematika siswa dengan menggunakan strategi pembelajaran Index Card Match lebih baik dari pada prestasi belajar matematika siswa yang menggunakan strategi pembelajaran konvensional. en_US
dc.subject Strategi Pembelajaran Index Card Match en_US
dc.title Pengaruh Strategi Pembelajaran Index Card Match Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SMP Muhammadiyah 05 Medan en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account