Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran
Index Card Match terhadap prestasi belajar matematika siswa. Jenis penelitian
yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasy experimental dengan desain
penelitian Posttest Only Control Group Desain. Penelitian ini dilakukan di SMP
Muhammadiyah 05 Medan tanggal 13 Februari sampai dengan tanggal 27
Februari 2018 pada kelas tujuh SMP Muhammadiyah 05 Medan. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 05 Medan T.P
2017/2018. Pengambilan sampel dipilih secara acak, untuk itu sampel dalam
penelitian ini adalah kelas VII A yang berjumlah 30 siswa sebagai kelas kontrol
dan kelas VII B yang berjumlah 30 siswa sebagai kelas eksperimen. Instrumen
penelitian yang digunakan adalah tes sebanyak 5 butir soal berbentuk essay tes.
Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan uji-t untuk
menguji hipotesis yang diajukan.
Dari hasil perhitungan yang telah dilakukan, rata-rata nilai posttest kelas
eksperimen adalah 82,3 sedangkan nilai rata-rata nilai posttest kelas kontrol
adalah 79,9. Dan hasil uji hipotesis menggunakan uji-t diperoleh t hitung sebesar
1,8342 kemudian dikonsultasikan dengan taraf 0,05 dan derajat kebebasan 56
diperoleh nilai t tabel sebesar 1,6725. Karena thitung > ttabel (1,8342 > 1,6725)
maka H0 ditolak dan Ha diterima yang berarti terdapat perbedaan prestasi belajar
matematika siswa antara kelas yang diajarkan dengan strategi pembelajaran Index
Card Match dengan kelas yang diajarkan dengan strategi pembelajaran
konvensional. Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan bahwa prestasi belajar
matematika siswa dengan menggunakan strategi pembelajaran Index Card Match
lebih baik dari pada prestasi belajar matematika siswa yang menggunakan strategi
pembelajaran konvensional.