Abstract:
Penelitian pengembangan media pembelajaran ini bertujuan untuk menghasilkan
produk yang dikembangkan seperti Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Modul
dan Media Pembelajaran berupa pendekatan Scientific pada materi transformasi dengan
bantuan Geogebra untuk siswa SMK kelas XI semester genap. Penelitian ini juga
bertujuan untuk mengetahui kualitas produk ditinjau dari aspek kevalidan. Jenis
penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang mengacu model pengembangan 4-D
modifikasi. Hasil penelitian ini berupa RPP, Modul, dan Media Pembelajaran dengan
pendekatan Scientific untuk siswa SMK kelas XI. (1) Berdasarkan hasil validasi RPP,
diperoleh skor akhir 4,1 dengan kriteria “Baik”. (2) Berdasarkan hasil validasi Modul,
diperoleh skor akhir 4,1 dengan kriteria “Baik”. (3) Berdasarkan hasil validasi Media
Pembelajaran, diperoleh skor akhir 4,3 dengan kriteria “Baik” sehingga perangkat
pembelajaran dikatakan valid. (4) Berdasarkan hasil analisis nilai tes hasil belajar siswa
menunjukkan persentase ketuntasan klasiskal siswa pada tes hasil belajar siswa sebesar
83,3%. Berdasarkan analisis Tes Hasil Belajar dapat ditarik kesimpulan bahwa tes hasil
belajar yang dikembangkan memiliki kriteria “Tuntas” dengan kriteria ketuntasan
klasiskal
, sehingga media pembelajaran dapat dikatakan praktis.