Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran berupa RPP,
bahan ajar (modul), LKPD, media pembelajaran dan perangkat penilaian dengan
menggunakan model Rotating Trio Exchange (RTE) pada siswa SMP Negeri 2 Labuhan
Deli. Kualitas produk yang dikembangkan dinilai berdasarkan aspek kevalidan, dan
keefektifan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang dilakukan di SMP
Negeri 2 Labuhan Deli. Subjek dalam penelitian ini adalah 12 siswa kelas VII-b SMP
Negeri 2 Labuhan Deli. Sedangkan yang menjadi objek penelitian adalah perangkat
pembelajaran yaitu RPP, bahan ajar (modul), LKPD, media pembelajaran dan perangkat
penilaian. Proses pengembangan perangkat pembelajaran dalam penelitian ini
menggunakan model Thiagarajan 4-D (define, design, development dan disseminate)
yang dimodifikasi sampai tahap development.Dari hasil penelitian tersebut diperoleh hasil
kevalidan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sebesar 4,23 (Valid), rata-rata
total kevalidan Bahan Ajar (Modul) sebasar 4,08 (Valid), rata-rata total kevalidan
Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) sebesar 4,05, rata-rata total kevalidan Media
Pembelajaran sebesar 3,925 (Cukup Valid) dan rata-rata total kevalidan perangkat
penilaian sebesar 4,27 (Valid), yang berarti perangkat tersebut telah valid dan layak
digunakan