Research Repository

Penerapan Model Pembelajaran Word Square Untuk Meningkatakan Aktivitas Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Ali Imron Medan T.P 2017/2018

Show simple item record

dc.contributor.author Khairani, Puttry
dc.date.accessioned 2020-11-11T08:07:44Z
dc.date.available 2020-11-11T08:07:44Z
dc.date.issued 2018-03-13
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10479
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan model Word Square untuk meningkatkan aktivtas belajar siswa pada bidang studi matematika dengan pokok bahasan Garis dan Sudut di Kelas VII SMP Ali Imron Medan. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana aktivitas belajar matematika siswa kelas VII SMP Ali Imron Medan T.P 2017/2018 dengan penerapan model pembelajaran Word Square dan Apakah penerapan model pembelajaran word square dapat meningkatkan aktivitas belajar matematika siswa kelas VII SMP Ali Imron Medan T.P 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. penelitian tindakan kelas adalah penelitian yang dilakukan di kelas dengan tujuan memperbaiki atau meningkatkan mutu praktek pembelajaran di kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Ali Imron Medan yang berjumlah 25 orang siswa. Sedangkan yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah model Word Square untuk meningkatkan aktivitas belajar matematika siswa. Data penelitian ini berupa nilai tes hasil belajar siswa sebelum tindakan, dan hasil belajar siswa setelah tindakan dengan menggunakan model Word Square pada mata pelajaran matematika dengan pokok bahasan Garis dan Sudut. Nilai sebelum tindakan diperoleh dari nilai ulangan siswa. Sedangkan nilai sesudah tindakan diambil dengan memberi soal setelah diterapkan model Word Square. Setelah data diperoleh dan dianalis maka dapat diketahui ketuntasan belajar matematika siswa dengan pokok bahasan Garis dan Sudut pada siswa kelas VII SMP Ali Imron Medan, sebelum dan sesudah tindakan adalah sebagai berikut: (1) Tes ketuntasan belajar pada tes awal 24%. (2) Tes ketuntasan belajar pada siklus I 52%. (3) Tes ketuntasan belajar pada siklus II 84%. (4) Persentase observasi aktivitas belajar siswa pada siklus I 69,78%. dan (5) Persentase observasi aktivitas belajar siswa pada siklus II 80,33%. Dengan demikian, dari hasil tindakan diatas dapat diketahui bahwa hasil belajar siswa setelah diterapkannya model Word Square meningkat pada setiap siklus. en_US
dc.subject Model Pembelajaran Word Square en_US
dc.title Penerapan Model Pembelajaran Word Square Untuk Meningkatakan Aktivitas Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Ali Imron Medan T.P 2017/2018 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account