Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan model Word Square untuk
meningkatkan aktivtas belajar siswa pada bidang studi matematika dengan pokok
bahasan Garis dan Sudut di Kelas VII SMP Ali Imron Medan. Adapun rumusan
masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana aktivitas belajar matematika
siswa kelas VII SMP Ali Imron Medan T.P 2017/2018 dengan penerapan model
pembelajaran Word Square dan Apakah penerapan model pembelajaran word
square dapat meningkatkan aktivitas belajar matematika siswa kelas VII SMP Ali
Imron Medan T.P 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas.
penelitian tindakan kelas adalah penelitian yang dilakukan di kelas dengan tujuan
memperbaiki atau meningkatkan mutu praktek pembelajaran di kelas. Subjek
dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Ali Imron Medan yang
berjumlah 25 orang siswa. Sedangkan yang menjadi objek dalam penelitian ini
adalah model Word Square untuk meningkatkan aktivitas belajar matematika
siswa. Data penelitian ini berupa nilai tes hasil belajar siswa sebelum tindakan,
dan hasil belajar siswa setelah tindakan dengan menggunakan model Word Square
pada mata pelajaran matematika dengan pokok bahasan Garis dan Sudut. Nilai
sebelum tindakan diperoleh dari nilai ulangan siswa. Sedangkan nilai sesudah
tindakan diambil dengan memberi soal setelah diterapkan model Word Square.
Setelah data diperoleh dan dianalis maka dapat diketahui ketuntasan belajar
matematika siswa dengan pokok bahasan Garis dan Sudut pada siswa kelas VII
SMP Ali Imron Medan, sebelum dan sesudah tindakan adalah sebagai berikut: (1)
Tes ketuntasan belajar pada tes awal 24%. (2) Tes ketuntasan belajar pada siklus I
52%. (3) Tes ketuntasan belajar pada siklus II 84%. (4) Persentase observasi
aktivitas belajar siswa pada siklus I 69,78%. dan (5) Persentase observasi aktivitas
belajar siswa pada siklus II 80,33%. Dengan demikian, dari hasil tindakan diatas
dapat diketahui bahwa hasil belajar siswa setelah diterapkannya model Word
Square meningkat pada setiap siklus.