Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kebiasaan menonton
Liputan 6 SCTV terhadap kemampuan melaporkan peristiwa secara lisan
oleh siswa kelas IX SMP Muhammadiyah 06 Medan Tahun Pembelajaran
2018-2019. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX
yang berjumlah 267 siswa. Maka pengambilan sampel dilakukan secara
acak. Dengan demikian sampel penelitian yang dijadikan sebanyak 40
siswa. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Instrument
penelitian ini menggunakan angket yang berupa pertanyaan seputar
kebiasaan menonton Liputan 6 SCTV serta menggunakan tes untuk
melihat kemampuan melaporkan peristiwa secara lisan oleh siswa. Hasil
analisis data kebiasaan menonton Liputan 6 SCTV dari pemberian angket
terhadap 40 siswa dan diperoleh presentase frekuensi terbanyak 61-80%
sebanyak 25 orang dengan rata hitung sebesar 62,5%. Sementara hasil
penelitian berdasarkan presentase peringkat kemampuan melaporkan
peristiwa secara lisan paling banyak pada rentang 75-100 dengan
presentase sebesar 77,5% dengan nilai rata-rata 78,82. Artinya
kemampuan melaporkan peristiwa secara lisan siswa berada pada tingkat
baik yang disebabkan karena adanya pengaruh dari kebiasaan menonton
Liputan 6 SCTV. Berdasarkan hasil perhitungan uji hipotesis diperoleh
harga thitung sebesar 9,459. Selanjutnya thitung ini dibandingkan dengan ttabel
dengan taraf signifikansi 0,05 dengan df=39. Diperoleh harga ttabel=1,684
berarti thitung> ttabel yaitu 9,459>1,684. Dengan demikian hipotesis berbunyi
ada pengaruh kebiasaan menonton Liputan 6 SCTV terhadap kemampuan
melaporkan peristiwa secara lisan oleh siswa kelas IX SMP
Muhammadiyah 06 Medan Tahun Pembelajaran 2018-2019.