Abstract:
Penelitian Ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perbandingan kemampuan
menulis puisi antara yang menggunakan media karyawisata dan yang menggunakan
media gambar oleh siswa kelas IX MTs. Mawaridussalam semester I tahun
pembelajaran 2018-2019. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di MTs.
Mawaridussalam dengan populasi 289 siswa dan sampel yang diambil sebanyak 60
siswa, yakni kelas 3C sebanyak 30 siswa dan 3E sebanyak 30 siswa, pemilihan
sampel menggunakan simple random sampling. Kelas 3C ditetapkan sebagai kelas
Eksperimen yaitu kelas yang menerima pembelajaran menggunakan media
karyawisata sedangkan kelas 3E sebagai kelas kontrol yaitu kelas yang menerima
pembelajaran menggunakan media gambar. Dalam pelaksanaan penelitian ini, penulis
menggunakan metode eksperimen yaitu penelitian yang dilakukan untuk melihat
apakah ada perbedaan hasil sebagai akibat adanya perbedaan perlakuan yang
diberikan pada eksperimen dan kontrol. Instrument yang digunakan dalam penelitian
adalalah tes esai kemampuan menulis puisi. Berdasarkan teknik analisis data, dapat
diketahui bahwa kemampuan menulis puisi dengan menggunakan media karyawisata
memperoleh nilai rata-rata 84,59 dan kemampuan menulis puisi menggunakan media
gambar memperoleh nilai rata-rata 76,55. Oleh karena itu, terdapat perbandingan
kemampuan menulis puisi yang signifikan antara yang menggunakan media
karyawisata dan yang menggunakan media gambar oleh siswa kelas IX MTs.
Mawaridussalam semester I tahun pembelajaran 2018-2019 Hal ini ditunjukkan dari
thitung = 11,95. Hasil tersebut kemudian dibandingkan dengan ttabel = 2,9 karena thitung>t
tabel. Maka, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar menulis puisi menggunakan media
karyawisata lebih baik dibandingkan dengan media gambar di kelas 3C dan di kelas
3E MTs. Mawaridussalam semester I tahun pembelajaran 2018-2019.