Research Repository

Pengaruh model pembelajaran mind mapping terhadap kemampuan menulis karangan narasi ekspositoris oleh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Hinai tahun pembelajaran 2017/2018

Show simple item record

dc.contributor.author Syafina, Nurlina
dc.date.accessioned 2020-11-11T08:01:43Z
dc.date.available 2020-11-11T08:01:43Z
dc.date.issued 2017-09-12
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10470
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping terhadap Kemampuan Menulis Karangan narasi oleh Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Hinai tahun pembelajaran 2017-2018. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMP Negeri 3 Hinai Tahun Pembelajaran 2017-2018 yang berjumlah 226 siswa yang terdiri dari 6 kelas. METODE dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Tes untuk memperoleh data kemampuan menulis karangan narasi digunakan tes dalam bentuk tulisan. Setelah data analisis diketahui kemampuan menulis karangan kelas VIII SMP Negeri 3 Hinai Tahun Pembelajaran 2017-2018 berada pada tingkat “baik” dengaan nilai rata-rata 80,25 dalam kelas eksperimen. Sedangkan kemampuan menulis karangan narasi menggunakan rumus uji-t diketahui thitung =6,48. Hasil thitung diperole, selanjutnya dikonsultasikan dengan ttabel pada tarif signifikan α = 0,05 dengan dk (n1 + n2) – 2, dk (50 + 50) – 2 = 98, maka dapat ttabel = 1,66. Oleh karena itu thitung > ttabel yaitu 6,48 > 1,66. Dengan demikian hipotesis berbunyi “Terdapat pengaruh model pembelajaran Mind Mapping terhadap kemampuan menulis karangan narasi dapat diterima”. en_US
dc.subject Model Pembelajaran en_US
dc.subject Kemampuan Menulis Karangan Narasi en_US
dc.title Pengaruh model pembelajaran mind mapping terhadap kemampuan menulis karangan narasi ekspositoris oleh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Hinai tahun pembelajaran 2017/2018 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account