Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran
Mind Mapping terhadap Kemampuan Menulis Karangan narasi oleh Siswa Kelas
VIII SMP Negeri 3 Hinai tahun pembelajaran 2017-2018.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMP Negeri 3 Hinai
Tahun Pembelajaran 2017-2018 yang berjumlah 226 siswa yang terdiri dari 6
kelas.
METODE dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Tes untuk memperoleh
data kemampuan menulis karangan narasi digunakan tes dalam bentuk tulisan.
Setelah data analisis diketahui kemampuan menulis karangan kelas VIII SMP
Negeri 3 Hinai Tahun Pembelajaran 2017-2018 berada pada tingkat “baik”
dengaan nilai rata-rata 80,25 dalam kelas eksperimen. Sedangkan kemampuan
menulis karangan narasi menggunakan rumus uji-t diketahui thitung =6,48.
Hasil thitung diperole, selanjutnya dikonsultasikan dengan ttabel pada tarif signifikan
α = 0,05 dengan dk (n1 + n2) – 2, dk (50 + 50) – 2 = 98, maka dapat ttabel = 1,66.
Oleh karena itu thitung > ttabel yaitu 6,48 > 1,66. Dengan demikian hipotesis
berbunyi “Terdapat pengaruh model pembelajaran Mind Mapping terhadap
kemampuan menulis karangan narasi dapat diterima”.