Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan pembelajaran matematika berupa
RPP, Bahan Ajar, Media Pembelajaran dan Tes Hasil Belajar dengan
menggunakan media komik pada materi perbandingan untuk siswa SMP Negeri
2 Stabat kelas VII. Kualitas produk yang dikembangkan dinilai berdasarkan
aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Prosedur pengembangan
pembelajaran matematika mengacu pada model pengembangan 4-D, yaitu Define
(Pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan), dan
Disseminate (Penyebaran). Karena keterbatasan peneliti, penelitian dilakukan
hingga tahap develop. Subjek Penelitian ini adalah siswa kelas VII-2 SMP Negeri
2 Stabat. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kualitas pembelajaran
matematika yang dikembangkan adalah lembar penilaian RPP, Bahan Ajar
dan Media Pembelajaran. Kualitas kevalidan pembelajaran matematika dengan
menggunakan media komik memenuhi kriteria valid berdasarkan skor rata-rata
RPP yaitu 4,2 dari skor maksimal 5,0 dengan kriteria baik, skor rata-rata bahan
ajar yaitu 4,2 dari skor maksimal 5,0 dengan kriteria baik dan skor rata-rata
media pembelajaran yaitu 4,4 dari skor maksimal 5,0 dengan kriteria baik.
Kualitas kepraktisan pembelajaran matematika memenuhi kriteria praktis
berdasarkan skor rata-rata angket respon siswa 90,5 % dari maksimal 100%
dengan kriteria sangat baik.