Abstract:
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa dan kurang aktifnya
siswa dalam pembelajaran, hal ini disebabkan guru belum menerapkan model
Pembelajaran yang Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan serta kesulitan
siswa dalam menyelesaikan soal matematika.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah Model Treffinger efektif
dalam pembelajaran matematika materi Lingkaran pada siswa SMP Swasta Alhikmah
P.
Banyak
Tj.
Pura
ditinjau
dari
ketuntasan
belajar
siswa,
aktivitas
belajar
siswa,
kemampuan
guru
dalam
mengelola
pembelajaran
dan
respon
siswa.
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan model Treffinger. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Swasta Al-hikmah P. Banyak Tj. Pura yang
berjumlah 100 orang dan sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII berjumlah 34
orang. Instrument yang digunakan adalah tes, observasi dan angket.
Berdasarkan hasil penelitian persentase ketuntasan belajar siswa pada tes akhir (posttest) 84%
berada
pada
kategori
tuntas
dan
tingkat
ketuntasan
klasikal 88,23%.
Persentase
aktivitas
siswa
secara
keseluruhan
sebesar 81%
berada
dalam
kategori
Sangat
aktif,
dan
persentase
kemampuan
guru
dalam
mengelola
pembelajaran
secara
keseluruhan
sebesar 84%
berada
dalam
kategori
baik,
serta
respon
siswa
terhadap
pembelajaran
secara
keseluruhan
sebesar
85%
berada
dalam
kategori
positif.
Berdasarkan
deskripsi
diatas,
sehingga
dapat
disimpulkan
bahwa
pembelajaran
matematika
yang
dilaksanakan
menggunakan
model
Treffinger
pada pokok
materi
Lingkaran
efektif
pada
siswa
kelas
VIII
SMP
Swasta
Al-hikmah
P.
Banyak
Tj.
Pura
T.P
2016/2017
ditinjau
dari
ketuntasan
belajar
siswa,
aktivitas
siswa,
kemampuan
guru
mengelola
pembelajaran
dan
respon
siswa.