Research Repository

Peranan Konselor Dalam Mengarahkan Siswa Kelas VIII Untuk Melanjutkan Pendidikan Yang Lebih Tinggi Melalui Layanan Penempatan Dan Penyaluran Di Smp Budisatrya Medan Tahun Ajaran 2018/2019

Show simple item record

dc.contributor.author Widya, Alisya
dc.date.accessioned 2020-11-11T07:56:49Z
dc.date.available 2020-11-11T07:56:49Z
dc.date.issued 2019
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10463
dc.description.abstract Peranan pelayanan bimbingan dan konseling dalam pendidikan, yakni sesuai dengan urgensi dan kedudukannya, maka ia berperan sebagai penunjang kegiatan pendidikan lainnya dalam mencapai tujuan pendidikan yang telah digariskan melalui Undang–Undang Republik Indonesia no.2 tahun 1989. Peran ini dimanifestasikan dalam bentuk membantu para peserta untuk mengembangkan kompetensi religius, kompetensi kemanusiaan dan kompetensi sosial, serta membantu kelancaran para peserta didik dalam pengembangan kompetensi akademik dan profesional sesuai dengan bidang yang ditekuninya melalui pelayanan bimbingan dan konseling. Layanan penempatan dan penyaluran boleh dikatakan sebagai bentuk khusus yang paling nyata dari berbagai fungsi pemeliharaan dan pengembangan dalam segala pelayanan bimbingan dan konseling.dengan layanan tersebut individu dipelihara kondisinya, sambil disana diperbaiki kondisi-kondisi yang kurang memungkinkan. Pemeliharaan dan perbaikan kondisi itu tidak lain untuk memungkinkan terjadinya proses perkembangan yang semakin cepat dan lancar sehingga tercapai keadaan optimal sesuai dengan tahap perkembangan yang sedang dijalaninya.Penelitian ini dilaksanakan di SMP Budisatrya Medan tahun Ajaran 2018/2019, yang beralamatdi Jalan Letdasudjono No. 173. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskritif yang menggambarkan bagaimana dan apa- apa saja penerapan layanan bimbingan kelompok dalam mengurangi diskriminasi pada siswa, data yang diperoleh dari sumber data primer yaitu guru pembimbing, dan siswa SMP Budisatrya Medan, adapun pemilihan informan yang peroleh dari data-data yang diberikan guru pembimbing yang dilakukan peneliti. Proses pengumpulan data dilakukan selam 3 minggu di mulai dari Agustu hingga september 2019, dengan teknik pengumpulan data wawancara. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan melalui peranan konselor dalam mengarahkn siswa kelas VIII untuk melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi melalui layanan penempatan dan penyaluran di SMP Budisatrya Medan sangat membantu siswa, dilihat dari hasil wawancara yang dilakukan penulis setelah melakukan peranan konselor melalui layanan penempatan dan penyaluran terdapat sudah adanya pilihan pendidikan lanjutan . Yang awalnya siswa belum mmapu memilih pendidikan lanjutan stelah tamat SMP sekarang sudah dapat mengambil keputusan kemana siswa akan melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi. perubahan tersebut setelah mendapat layanan penempatan dan penyaluran dalam upaya pencapaian sasaran dilakukan bersama antara konseli dan konselor. Dengan demikian bimbingan dan konseling sangat berperan. en_US
dc.subject Peranan Konselor en_US
dc.subject Layanan Penempatan dan penyaluran en_US
dc.subject Pendidikan Yang Lebih Tinggi en_US
dc.title Peranan Konselor Dalam Mengarahkan Siswa Kelas VIII Untuk Melanjutkan Pendidikan Yang Lebih Tinggi Melalui Layanan Penempatan Dan Penyaluran Di Smp Budisatrya Medan Tahun Ajaran 2018/2019 en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account