Research Repository

Efektifitas teknik membaca accelerated learning (pemercepatan belajar) terhadap kemampuan menulis resensi buku oleh siswa kelas IX SMP Harapan Mekar Medan tahun pembelajaran 2018 - 2019

Show simple item record

dc.contributor.author Dewi, Nursiah
dc.date.accessioned 2020-11-11T07:56:15Z
dc.date.available 2020-11-11T07:56:15Z
dc.date.issued 2018-09-12
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10462
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektifitas Teknik Membaca Accelerated Learning(Pemercepatan Belajar) terhadap kemampuan menulis resensi buku oleh siswa kelas IX SMP Harapan Mekar Medan Tahun Pembelajaran 2018-2019. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX yang terdiri dari 2 kelas dengan jumlah 80 siswa dan keseluruhannya dijadikan sampel penelitian. Kelas IX A sebagai kelas Eksperimen dan kelas IX B sebagai kelas kontrol. Metode penelitian ini adalah metode eksperimen dengan jenis pendekatan kuantitatif. Intrumen penelitian ini menggunakan tes essai yang diberikan setelah akhir pembelajaran untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menulis resensi buku baik dengan diterapkannya teknik Accelerated Learning maupun tidak. Hasil analisis data kemampuan menulis resensi buku pada kelas kontrol tanpa menggunakan teknik belajar Accelerated Learning terhadap 40 siswadiperoleh prosentase keberhasilan hanya sebesar 22% dengan rincian 13 siswa dikategorikan mendapat nilai tingi pada rentang nilai 80-87.Sementara pada kelas eksperimen hasil analisis data kemampuan menulis resensi buku diperoleh setelah diterapkannya teknik pembelajaran Accelerated Learning terhadap 40 siswa diperoleh prosentase keberhasilan sebesar 70% dengan rincian sebanyak 30 siswa pada rentang nilai 80-94 yang dikategorikan tinggi. Artinya kemampuan siswa dalam menulis resensi buku pada tingkat sangatbaik yang disebabkan adanya keefektifan teknik belajar Accelerated Learning. Berdasarkan hasil perhitungan uji hipotesis diperoleh harga thitung sebesar 4,264. Selanutnya thitung ini dibandingkan dengan ttabel dengan taraf signifikansi 0,05 dengan df=78. Diperoleh harga ttabel=1,665, berarti thitung>ttabel yaitu 4,264>1,665. Dengan demikian hipotesis berbunyi terdapat efektifitas penggunaan teknik belajar Accelerated Learning (Pemercepatan Belajar) terhadap kemampuan menulis resensi buku oleh siswa kelas IX SMP Harapan Mekar Medan tahun pembelajaran 2018 – 2019. en_US
dc.subject Teknik Membaca en_US
dc.subject Kemampuan Menulis Resensi Buku en_US
dc.title Efektifitas teknik membaca accelerated learning (pemercepatan belajar) terhadap kemampuan menulis resensi buku oleh siswa kelas IX SMP Harapan Mekar Medan tahun pembelajaran 2018 - 2019 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account