Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektifitas Teknik Membaca
Accelerated Learning(Pemercepatan Belajar) terhadap kemampuan menulis
resensi buku oleh siswa kelas IX SMP Harapan Mekar Medan Tahun
Pembelajaran 2018-2019. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas
IX yang terdiri dari 2 kelas dengan jumlah 80 siswa dan keseluruhannya dijadikan
sampel penelitian. Kelas IX A sebagai kelas Eksperimen dan kelas IX B sebagai
kelas kontrol.
Metode penelitian ini adalah metode eksperimen dengan jenis pendekatan
kuantitatif. Intrumen penelitian ini menggunakan tes essai yang diberikan setelah
akhir pembelajaran untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menulis resensi
buku baik dengan diterapkannya teknik Accelerated Learning maupun tidak.
Hasil analisis data kemampuan menulis resensi buku pada kelas kontrol
tanpa menggunakan teknik belajar Accelerated Learning terhadap 40
siswadiperoleh prosentase keberhasilan hanya sebesar 22% dengan rincian 13
siswa dikategorikan mendapat nilai tingi pada rentang nilai 80-87.Sementara pada
kelas eksperimen hasil analisis data kemampuan menulis resensi buku diperoleh
setelah diterapkannya teknik pembelajaran Accelerated Learning terhadap 40
siswa diperoleh prosentase keberhasilan sebesar 70% dengan rincian sebanyak 30
siswa pada rentang nilai 80-94 yang dikategorikan tinggi. Artinya kemampuan
siswa dalam menulis resensi buku pada tingkat sangatbaik yang disebabkan
adanya keefektifan teknik belajar Accelerated Learning. Berdasarkan hasil
perhitungan uji hipotesis diperoleh harga thitung sebesar 4,264. Selanutnya thitung ini
dibandingkan dengan ttabel dengan taraf signifikansi 0,05 dengan df=78. Diperoleh
harga ttabel=1,665, berarti thitung>ttabel yaitu 4,264>1,665. Dengan demikian
hipotesis berbunyi terdapat efektifitas penggunaan teknik belajar Accelerated
Learning (Pemercepatan Belajar) terhadap kemampuan menulis resensi buku oleh
siswa kelas IX SMP Harapan Mekar Medan tahun pembelajaran 2018 – 2019.