Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan pembelajaran matematika berupa
RPP, Bahan Ajar, LKPD, Media Pembelajaran, dan Tes Hasil Belajar dengan
menggunakan Model Snow Balling pada materi Program Linear. Kualitas produk
yang dikembangkan dinilai berdasarkan aspek kevalidan dan kepraktisan.
Prosedur pengembangan pembelajaran mengacu pada model pengembangan 4-D,
yaitu Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan),
dan Disseminate (Penyebaran). Karena keterbatasan peneliti, penelitian dilakukan
hingga tahap develop. Subjek Penelitian ini adalah siswa kelas XI TKJ 4 SMK
Negeri 9 Medan. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kualitas
pembelajaran yang dikembangkan adalah lembar penilaian RPP, Bahan Ajar,
LKPD, Media Pembelajaran, dan Tes Hasil Belajar untuk mengukur kevalidan
dan angket respon siswa keterlaksanaan kegiatan pembelajaran untuk mengukur
kepraktisan.Hasil validator perangkat pembelajaran memenuhi kriteria valid
berdasarkan skor rata-rata RPP yaitu 4,1 dari skor maksimal 5,0 dengan kriteria
sangat baik, skor rata-rata Bahan Ajar yaitu 3,9 dari skor maksimal 5,0 dengan
kriteria baik, skor rata-rata LKPD yaitu 3,9 dari skor maksimal 5,0 dengan kriteria
baik, skor rata-rata Media Pembelajaran yaitu 4,3 dari skor maksimal 5,0 dengan
kriteria sangat baik, dan skor rata-rata Tes Hasil Belajar yaitu 4,2 dari skor
maksimal 5,0 dengan kriteria sangat baik. Kualitas kepraktisan pembelajaran
memenuhi kriteria praktis berdasarkan skor rata-rata angket respon siswa 86,67%
dari maksimal 100% dengan kriteria sangat baik. waktu pembelajaran tidak
melebihi pembelajaran biasa yaitu waktu sama dengan pembelajaran biasa pada
uji coba lapangan