Abstract:
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan teknik
pembelajarankata mengalir terhadap kemampuan menulis kembali cerpen oleh
siswa kelas XI SMA Negeri 10 Medan Tahun Pembelajaran 2017-2018.Metode
yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Eksperimen
dilakukan dengan maksud melihat akibat dari suatu perlakuan. Penelitian ini
diambil dari jumlah populasi sebagai sampel 68 orang. Masing-masing
kelasberjumlah 34 orang. Semua kelas dijadikan sampel penelitian. Untuk
menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol pada penelitian ini
menggunakan teknik random sampling atau secaraacak.Dalam penelitian ini
yang dijadikan sampel yaitu kelas XI-C sebagai kelas eksperimen sebanyak 34
siswa dan kelas XI-D sebanyak 34 siswa sebagai kelas control. Hasil dalam
penelitian ini adalah kemampuan siswa menulis kembali cerpen setelah perlakuan
menggunakan teknik pembelajaran kata mengalir dikonversikan dengan peringkat
persentase nilai pada kelas eksperimen yaitu 52,94% (18 orang) memperoleh
kategori baik sekali, 38,24% (13 orang) memperoleh kategori baik, dan 8,82% (3
orang) memperoleh kategori cukup, memperoleh mean 78,02 termasuk dalam
kategori B (baik).Kemampuan siswa menulis kembali cerpen setelah perlakuan
menggunakan ceramah dikonversikan dengan peringkat persentase nilai pada
kelas kontrol yaitu 12% (4 orang) memperoleh kategori baik sekali, 42% (14
orang) memperoleh kategori baik, dan 20% (7 orang) memperoleh kategori cukup,
20% (7 orang) memperoleh kategori kurang, dan 6% (2 orang) memperoleh
kategori sangat kurang, memperoleh mean 63,08 termasuk dalam kategori C
(cukup).Teknikpembelajaran kata mengalir lebih berpengaruh sebesar 14,94%
dibandingkan dengan ceramah dalam meningkatkan kemampuan menulis kembali
cerpen. Sedangkan berdasarkan perhitungan dengan uji “t” pada taraf signifikansi
α = 0,05 dengan dk = (N1 + N2) – 2 =66 diperoleh nilai thitung> ttabel (1,92> 1,66)
sehingga Ha dinyatakan terbukti dan diterima. Hal ini berarti teknik pembelajaran
kata mengalir berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan menulis
kembali cerpen siswa kelas XISMA Negeri 10 Medan tahun pembelajaran 2017-
2018.