Research Repository

Pengaruh Model Collaborative Teamwork Learning (CTL) dan Model Student Team Achievement Division (STAD) Terhadap Pemecahan Masalah Matematika Pada Siswa SMK Negeri 5 Medan T.P 2017/2018.

Show simple item record

dc.contributor.author Nabilla, Sofhia
dc.date.accessioned 2020-11-11T07:47:43Z
dc.date.available 2020-11-11T07:47:43Z
dc.date.issued 2018-02-20
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10448
dc.description.abstract Rumusan masalah dalam penelitian ini ada pengaruh kemampuan pemecahan masalah matematika antara siswa yang diajar dengan menggunakan model Collaborative Teamwork Learning (CTL) dengan siswa yang diajar dengan model Student Teams Achievement Divisions (STAD) pada pokok bahasan perbandingan trigonometri kelas X SMK Negeri 5 Medan T.P 2017/2018. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh kemampuan pemecahan masalah matematika antara siswa yang diajar dengan menggunakan model Collaborative Teamwork Learning (CTL) dengan siswa yang diajar dengan model Student Teams Achievement Divisions (STAD) pada pokok bahasan perbandingan trigonometri kelas X SMK Negeri 5 Medan T.P 2017/2018. Penelitian ini termasuk dalam eksperimen semu (quasi-experimental design). Desain penelitiann ini adalah seluruh siswa kelas X TOKR di SMK Negeri 5 Medan T.P 2017/2018 yang berjumlah 134 orang dan yang menjadi sampel adalah 31 orang sebagai kelas eksperimen dan 33 orang sebagai kelas control. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat ( uji normalitas dan uji homogenitas ) dan uji hipotesis. Dan hasil yang diperoleh dalam penelitian pada taraf 5% yang menunjukkan bahwa analisis data menerapkan model Collaborative Teamwork Learning (CTL) dan model Student Teams Achievement Divisions (STAD) diperoleh angka signifikan 0,000. Karena nilai sig. < 0,05 maka H0 ditolak ini berarti terdapat pengaruh kemampuan pemecahan masalah matematika antara siswa yang diajar dengan menggunakan model Collaborative Teamwork Learning (CTL) dengan siswa yang diajar dengan model Student Teams Achievement Divisions (STAD) pada pokok bahasan perbandingan trigonometri kelas X SMK Negeri 5 Medan T.P 2017/2018. en_US
dc.subject Kemampuan pemecahan masalah Matematika, en_US
dc.subject Model CTL, Model STAD en_US
dc.title Pengaruh Model Collaborative Teamwork Learning (CTL) dan Model Student Team Achievement Division (STAD) Terhadap Pemecahan Masalah Matematika Pada Siswa SMK Negeri 5 Medan T.P 2017/2018. en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account