Abstract:
Rumusan masalah dalam penelitian ini ada pengaruh kemampuan pemecahan
masalah matematika antara siswa yang diajar dengan menggunakan model
Collaborative Teamwork Learning (CTL) dengan siswa yang diajar dengan model
Student Teams Achievement Divisions (STAD) pada pokok bahasan perbandingan
trigonometri kelas X SMK Negeri 5 Medan T.P 2017/2018. Tujuan dari penelitian
ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh kemampuan pemecahan
masalah matematika antara siswa yang diajar dengan menggunakan model
Collaborative Teamwork Learning (CTL) dengan siswa yang diajar dengan model
Student Teams Achievement Divisions (STAD) pada pokok bahasan perbandingan
trigonometri kelas X SMK Negeri 5 Medan T.P 2017/2018. Penelitian ini
termasuk dalam eksperimen semu (quasi-experimental design). Desain
penelitiann ini adalah seluruh siswa kelas X TOKR di SMK Negeri 5 Medan T.P
2017/2018 yang berjumlah 134 orang dan yang menjadi sampel adalah 31 orang
sebagai kelas eksperimen dan 33 orang sebagai kelas control. Teknik analisis data
menggunakan uji prasyarat ( uji normalitas dan uji homogenitas ) dan uji
hipotesis. Dan hasil yang diperoleh dalam penelitian pada taraf 5% yang
menunjukkan bahwa analisis data menerapkan model Collaborative Teamwork
Learning (CTL) dan model Student Teams Achievement Divisions (STAD)
diperoleh angka signifikan 0,000. Karena nilai sig. < 0,05 maka H0 ditolak ini
berarti terdapat pengaruh kemampuan pemecahan masalah matematika antara
siswa yang diajar dengan menggunakan model Collaborative Teamwork Learning
(CTL) dengan siswa yang diajar dengan model Student Teams Achievement
Divisions (STAD) pada pokok bahasan perbandingan trigonometri kelas X SMK
Negeri 5 Medan T.P 2017/2018.