Abstract:
Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah ada pengaruh model Recipcoral Teaching terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa SMP Bina Satria Mulia Medan T.P 2019/2020. Sebagai tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Reciprocal Teaching terhadap kemampuann pemahaman matematis siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah Eksperimen Semu (Quasi Eksperimen) dengan menggunakan desain Nonequivalent Control Group Design untuk menemukan hasil yang ada kemudian disimpulkan sesuai dengan tujuan yang ingin di capai dalam penelitian ini. Penelitian ini dilakukan di SMP Bina Satria Mulia Medan tanggal 25 Juli sampai dengan tanggal 16 Agustus pada kelas VII SMP Bina Satria Mulia Medan 2019/2020. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Bina Satria Mulia Medan Tahun Ajaran 2019/2020. Sampel dalam penelitian adalah kelas VII-1 yang berjumlah 21 siswa seabagai kelas eksperimen dan kelas VII-2 berjumlah 21 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes sebanyak 5 butir soal berbentuk essay tes. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat (uji normalitas dan homogenitas) dan uji hipotesis yaitu menggunakan (uji-t). Nilai t pada baris pertama yaitu 2,766 merupakan nlai hasil t jika varians kedua data homogen (equal varians assumed). Karena hasil levene’s test menyatakan kedua varians homogen, maka nilai thitung yang digunakan adalah yang berdasarkan nilai t yaitu sebesar 2,766 dengan P-value 0,009. Nilai P-value yang diperoleh lebih kecil dari , maka H0 ditolak. Artinya pada taraf kepercayaan 95% dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh rata-rata kemampuan pemahaman matematis antara siswa yang memperoleh pembelajaran menggunakan model Recipcoral Teaching dibandingkan dengan siswa yang menggunakan model Ekspositori.