Abstract:
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengembangan lembar
kerja peserta didik berbasis round club pada materi statistik?, bagaimana respon
pendidik dan peserta didik terhadap lembar kerja peserta didik berbasis round club
pada materi statistik?. Tujuan dari penelitian adalah menghasilkan produk berupa
lembar kerja peserta didik berbasis round club pada materi statistik, mengetahui
respon pendidik dan peserta didik berbasis round club pada materi statistik. Jenis
penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R & D). Subjek peneletian ini
adalah siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 5 Lubuk Pakam yang berjumlah 30
siswa. Objek dalam penelitian ini adalah pengembangan bahan ajar matematika
berbasis round club pada pokok bahasan statistika. Teknik dan alat pengumpulan
data yang digunakan dalam penelitian ini adalah melalui analisis data validasi ahli
dan angket respon siswa.
Hasil penelitian ini menunjukkan kevalidan bahan ajar menunjukkan kriteria
“Baik” dengan skor rata- rata 3,12 ditentukan berdasarkan hasil penilaian bahan
ajar oleh 1 dosen ahli (ahli materi dan ahli media) dan menunjukkan kriteria
“sangat baik” dengan skor rata- rata 3,58 berdasarkan hasil evaluasi bahan ajar
oleh guru matematika. Kepraktisan bahan ajar (LKPD) menunjukkan kriteria
“sangan baik” dengan skor rata- rata 3,63 ditentukan berdasarkan hasil respon
siswa terhadap bahan ajar. Keefektifan bahan ajar ditentukan berdasarkan hasil
potensi literasi matematika menunjukkan persentase ketuntasan hasil belajar siswa
mencapai 82,76%.