Research Repository

Analisis pemakian bahasa gaul dalam iklan produk komersial televisi

Show simple item record

dc.contributor.author Nurmalia
dc.date.accessioned 2020-11-11T07:45:58Z
dc.date.available 2020-11-11T07:45:58Z
dc.date.issued 2018-10-18
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10444
dc.description.abstract Penelitian ini membahas tentang proses pembentukan kata gaul yang dipakai di dalam iklan produk komersial televisi, makna pesan yang terdapat di dalam iklan yang memakai bahasa gaul pada iklan produk komersial televisi. Dalam penelitian ini digunakan metode dokumentasi dengan cara merekam dan memahami bahasa gaul yang terdapat pada iklan produk komersial televisi yang ditayangkan pada lima stasiun televisi swasta Indonesia periode 01 Agustus- 10 September 2018 dan lanjutan dengan teknik catat.Metode kualitatif digunakan untuk menganalisis proses pembentukan bahasa gaul yang terdapat pada iklan produk komersial televisi. Teori yang digunakan dalam pembentukan bahasa gaul pada iklan mengunakan teori J.S Badudu. Pembentukan bahasa gaul yang terdapat di dalam iklan banyak terbentuk dari gejala hiperkorek yaitu gejala bahasa yang menunjukan sesuatu yang salah, baik ucapan maupun ejaan (tulisan). Selain gejala hiperkorek gejala bahasa lain yang membentuk bahasa gaul dalam iklan produk komersial televisi adalah: penghilangan fonem (afaresis, sinkop, apokop), penambahan fonem (protesis, epentesis, paragog) gejala adaptasi. en_US
dc.subject Pemakian Bahasa Gaul en_US
dc.subject Iklan Produk Komersial Televisi en_US
dc.title Analisis pemakian bahasa gaul dalam iklan produk komersial televisi en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account