Abstract:
Penelitian ini membahas tentang proses pembentukan kata gaul yang dipakai
di dalam iklan produk komersial televisi, makna pesan yang terdapat di dalam iklan
yang memakai bahasa gaul pada iklan produk komersial televisi. Dalam penelitian ini
digunakan metode dokumentasi dengan cara merekam dan memahami bahasa gaul
yang terdapat pada iklan produk komersial televisi yang ditayangkan pada lima
stasiun televisi swasta Indonesia periode 01 Agustus- 10 September 2018 dan
lanjutan dengan teknik catat.Metode kualitatif digunakan untuk menganalisis proses
pembentukan bahasa gaul yang terdapat pada iklan produk komersial televisi. Teori
yang digunakan dalam pembentukan bahasa gaul pada iklan mengunakan teori J.S
Badudu. Pembentukan bahasa gaul yang terdapat di dalam iklan banyak terbentuk
dari gejala hiperkorek yaitu gejala bahasa yang menunjukan sesuatu yang salah, baik
ucapan maupun ejaan (tulisan). Selain gejala hiperkorek gejala bahasa lain yang
membentuk bahasa gaul dalam iklan produk komersial televisi adalah: penghilangan
fonem (afaresis, sinkop, apokop), penambahan fonem (protesis, epentesis, paragog)
gejala adaptasi.