Research Repository

Pengembangan Model Pembelajaran Aktif Tipe Group to Group Exchange (GGE) Untuk Mendukung Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Di SMA PAB 4 Sampali T.P 2017/2018

Show simple item record

dc.contributor.author Juliani, Sarah
dc.date.accessioned 2020-11-11T07:44:47Z
dc.date.available 2020-11-11T07:44:47Z
dc.date.issued 2018-02-20
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10443
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : bagaimanakah model pembelajaran aktif tipe Group to Group Exchange (GGE) yang valid, praktis dan efektif untuk mendukung kemampuan pemecahan masalah matematika siswa di SMA PAB 4 Sampali T.P 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Penelitian ini mengembangkan model pembelajaran aktif tipe Group to Group Exchange (GGE) dan RPP dengan menggunakan model pengembangan yang di adaptasi dari model pengembangan Thiagarajan, semmel dan semmel. Tahap-tahap yang dilalui sampai diperoleh model pembelajaran aktif tipe GGE dan RPP yang dikembangkan valid, praktis dan efektif untuk mendukung kemampuan pemecahan masalah meliputi : 1) tahap pendefinisian, 2) tahap perencanaan, 3) tahap pengembangan, uji coba dilakukan meliputi uji coba ahli/ validasi ahli dan uji coba terbatas. Uji coba terbatas dilakukan di SMA PAB 4 Sampali pada kelas X IPA yang berjumlah 41 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi, lembar kepraktisan, tes kemampuan pemecahan masalah, dan angket respon siswa. Analisis kevalidan dan kepraktisan dilakukan dengan mengkonversi data kuantitatif berupa skor hasil penilaian menjadi data kualitatif berupa nilai standar skala lima. Analisis data keefektifan dilakukan dengan cara menentukan persentase ketuntasan tes kemampuan pemecahan masalah siswa. Analisis respon siswa dilakukan dengan mengkonversi data kuantitatif berupa skor hasil penilaian menjadi data kualitatif berupa nilai skala empat. Penelitian ini menghasilkan model pembelajaran aktif tipe GGE dan RPP yang dikembangkan yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif untuk mendukung kemampuan pemecahan masalah siswa. Untuk hasil validasi, praktis, dan efektif sebagai berikut : 1) validasi model 4,52 (valid), 2) validasi RPP 4,51 (valid), 3) kepraktisan 4,43 (praktis), 4) efektif 80% (baik), 5) respon siswa 3,45 (sangat baik). Berdasarkan hasil rincian di atas, dapat disimpulkan bahwa pengembangan model pembelajaran aktif tipe Group to Group Exchange (GGE) dapat mendukung kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. en_US
dc.subject Pengembangan en_US
dc.subject Model pembelajaran aktif tipe GGE en_US
dc.title Pengembangan Model Pembelajaran Aktif Tipe Group to Group Exchange (GGE) Untuk Mendukung Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Di SMA PAB 4 Sampali T.P 2017/2018 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account