Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : bagaimanakah model
pembelajaran aktif tipe Group to Group Exchange (GGE) yang valid, praktis dan
efektif untuk mendukung kemampuan pemecahan masalah matematika siswa di
SMA PAB 4 Sampali T.P 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian
pengembangan. Penelitian ini mengembangkan model pembelajaran aktif tipe
Group to Group Exchange (GGE) dan RPP dengan menggunakan model
pengembangan yang di adaptasi dari model pengembangan Thiagarajan, semmel
dan semmel. Tahap-tahap yang dilalui sampai diperoleh model pembelajaran aktif
tipe GGE dan RPP yang dikembangkan valid, praktis dan efektif untuk
mendukung kemampuan pemecahan masalah meliputi : 1) tahap pendefinisian, 2)
tahap perencanaan, 3) tahap pengembangan, uji coba dilakukan meliputi uji coba
ahli/ validasi ahli dan uji coba terbatas. Uji coba terbatas dilakukan di SMA PAB
4 Sampali pada kelas X IPA yang berjumlah 41 siswa. Instrumen penelitian yang
digunakan adalah lembar validasi, lembar kepraktisan, tes kemampuan pemecahan
masalah, dan angket respon siswa. Analisis kevalidan dan kepraktisan dilakukan
dengan mengkonversi data kuantitatif berupa skor hasil penilaian menjadi data
kualitatif berupa nilai standar skala lima. Analisis data keefektifan dilakukan
dengan cara menentukan persentase ketuntasan tes kemampuan pemecahan
masalah siswa. Analisis respon siswa dilakukan dengan mengkonversi data
kuantitatif berupa skor hasil penilaian menjadi data kualitatif berupa nilai skala
empat. Penelitian ini menghasilkan model pembelajaran aktif tipe GGE dan RPP
yang dikembangkan yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif untuk
mendukung kemampuan pemecahan masalah siswa. Untuk hasil validasi, praktis,
dan efektif sebagai berikut : 1) validasi model 4,52 (valid), 2) validasi RPP 4,51
(valid), 3) kepraktisan 4,43 (praktis), 4) efektif 80% (baik), 5) respon siswa 3,45
(sangat baik). Berdasarkan hasil rincian di atas, dapat disimpulkan bahwa
pengembangan model pembelajaran aktif tipe Group to Group Exchange (GGE)
dapat mendukung kemampuan pemecahan masalah matematika siswa.