Research Repository

Efektivitas Penggunaan Model Concept Mapping (Peta Konsep) Terhadap Kemampuan Kognitif Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Kelas VII SMP Muhammadiyah 07 Medan T.P. 2017/2018

Show simple item record

dc.contributor.author Chairani, Nisa
dc.date.accessioned 2020-11-11T07:42:59Z
dc.date.available 2020-11-11T07:42:59Z
dc.date.issued 2018-03-19
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10442
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan rata-rata kemampuan kognitif matematika siswa menggunakan model Concept Mapping dibandingankan dengan metode konvensional, dan dan untuk mengetahui efektivitas model Concept Mapping terhadap kemampuan kognitif siswa dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VII SMP Muhammadiyah 07 Medan yang terdiri dari dua kelas, yakni VII-3 dan VII-4. Pengambilan sampel diambil dengan Sampel Random Berkelompok. Maka dalam penelitian ini ada dua kelas yaitu VII-3 berjumlah 35 siswa sebagi kelas kontrol, dan VII-4 berjumlah 35 siswa sebagai kelas eksperimen. Tehnik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, wawancara, dan tes yaitu tes awal (pretest) dan tes akhir (posttest). Tehnik analisis data menggunakan uji prasyarat (uji normalitas dan uji homogenitas), dan uji-t. Dari analisis data diperoleh Lhitung = 0,144 untuk posttest kelas kontrol, untuk kelas eksperimen diperoleh Lhitung = 0,128, dan Ltabel = 0,1498. Karena Lhitung < Ltabel maka data berdistribusi normal. Uji homogenitas pada posttest kelas kontrol diperoleh Fhitung < Ftabel yaitu 1,09 < 1.79, dan kelas eksperimen diperoleh Fhitung < Ftabel yaitu 1,35 < 1,76. Artinya kedua sampel mempunyai varians yang sama atau homogen. Hasil pengujian prasyarat telah memenuhi syarat untuk pengujian statistik lebih lanjut. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji-t. Dari hasil perhitungan hipotesis diperoleh thitung > ttabel yaitu 6,0473 > 2,00. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa rata-rata kemampuan kognitif siswa dalam pembelajaran matematika menggunakan model Concept Mapping lebih baik daripada yang menggunakan metode konvensional, dan model Concept Mapping efektif terhadap kemampuan kognitif siswa dalam pembelajaran matematika. en_US
dc.subject Concept Mapping en_US
dc.subject Kemampuan Kognitif Siswa en_US
dc.title Efektivitas Penggunaan Model Concept Mapping (Peta Konsep) Terhadap Kemampuan Kognitif Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Kelas VII SMP Muhammadiyah 07 Medan T.P. 2017/2018 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account