Abstract:
Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah
Apakah penggunaan model Direct Intruction dapat meningkatkan hasil belajar
siswa pada materi persegi dan persegi panjang dikelas VII C pada SMP Swasta
YPK Medan T.P 2017/2018? Dan Apakah dengan model Direct Intruction dapat
meningkatkan hasil belajar siswa pada materi persegi dan persegi panjang dikelas
VII C pada SMP Swasta YPK Medan T.P 2017/2018?
Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui bagaimana penerapan
model pembelajaran Direct Intruction dalam meningkatkan terhadap hasil belajar
matematika pada siswa Sekolah SMP Swasta YPK Medan Tahun Pelajaran
2017/2018?.Dan Untuk mengetahui apakah dengan menerapkan model
pembelajaran Direct Intruction dapat meningkatkan terhadap hasil belajar
matematika pada siswa SMP Swasta YPK Medan Tahun Pelajaran 2017/2018?.
Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII C yang berjumlah 30 siswa.
Objek penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa dengan model Direct
Intruction pada pokok bahasan persegi dan persegi panjang. Jenis penelitian ini
dilakukan adalah penelitian tindakan kelas. Data penelitian ini diperoleh melalui
observasi dan tes.
Setelah data dianalisis diperoleh beberapa temuan yaitu tes siklus I
menunjukkan bahwa ketuntasan belajar siswa mencapai 16,67% (5 siswa), siklus
II mencapai 60,00% (12 siswa),dan siklus III mencapai 80,00% (24 siswa)