Research Repository

Pengembangan Handout Melalui Pendekatan Saintifik Berbasis Etnomatematika Pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung Kelas Ix Smp Negeri 28 Medan T.P 2019/2020

Show simple item record

dc.contributor.author Rahayu, Farry Dwi
dc.date.accessioned 2020-03-01T07:51:53Z
dc.date.available 2020-03-01T07:51:53Z
dc.date.issued 2019-10-03
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/1043
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan RPP dan handout melalui pendekatan saintifik berbasis etnomatematika dengan menggunakan model plomp tanpa fase implementasi untuk materi bangun ruang sisi lengkung pada siswa di SMP Negeri 28 Medan kelas IX. Kualitas produk yang dikembangakan dinilai berdasarkan aspek kelayakan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Diperoleh hasil kelayakan perangkat pembelajaran yaitu RPP dengan skor ratarata 3,65 dengan kategori “layak” dan Handout dengan skor ratarata 3,68 dengan kategori “layak”. Sedangkan berdasarkan respon peserta didik satu uji coba pada kelompok terbatas memperoleh skor rata-rata 3,44 dengan kategori “layak”. Hari ini menunjukkan perangkat pembelajaran yang dikembangkan mempunyai kategori layak sehingga dapat digunakan sebagai bahan ajar dalam kegiatan belajar mengajar pada materi bangun ruang sisi lengkung. en_US
dc.subject Perangkat Pembelajaran en_US
dc.subject Etnomatematika en_US
dc.subject Pendekatan Saintifik en_US
dc.subject Handout en_US
dc.title Pengembangan Handout Melalui Pendekatan Saintifik Berbasis Etnomatematika Pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung Kelas Ix Smp Negeri 28 Medan T.P 2019/2020 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account