Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan RPP dan handout melalui
pendekatan saintifik berbasis etnomatematika dengan menggunakan model plomp
tanpa fase implementasi untuk materi bangun ruang sisi lengkung pada siswa di
SMP Negeri 28 Medan kelas IX. Kualitas produk yang dikembangakan dinilai
berdasarkan aspek kelayakan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam
penelitian ini berupa angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan
analisis deskriptif kualitatif. Diperoleh hasil kelayakan perangkat pembelajaran yaitu RPP dengan skor ratarata 3,65 dengan kategori “layak” dan Handout dengan skor ratarata 3,68 dengan kategori “layak”. Sedangkan berdasarkan respon peserta didik satu uji coba pada kelompok terbatas memperoleh skor rata-rata 3,44 dengan kategori “layak”. Hari ini menunjukkan perangkat pembelajaran yang dikembangkan mempunyai kategori layak sehingga dapat digunakan sebagai bahan ajar dalam kegiatan belajar mengajar pada materi bangun ruang sisi lengkung.