Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar matematika berupa RPP,
Bahan Ajar dan Tes Hasil Belajar dengan bahan ajar pada materi statistika untuk
siswa SMP Negeri 2 Stabat pada kelas VIII. Kualitas produk yang dikembangkan
dinilai berdasarkan aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Prosedur
pengembangan pembelajaran matematika mengacu pada model pengembangan 4-D,
yaitu Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan), dan
Disseminate (Penyebaran). Karena keterbatasan peneliti, penelitian dilakukan hingga
tahap develop. Subjek Penelitian ini adalah siswa kelas VII-2 SMP Negeri 2 Stabat.
Instrumen yang digunakan untuk mengukur kualitas pembelajaran matematika yang
dikembangkan adalah lembar penilaian RPP, Bahan Ajar dan Tes Hasil Belajar
untuk mengukur kevalidan dan angket respon siswa keterlaksanaan kegiatan
pembelajaran untuk mengukur kepraktisan, tes hasil belajar mengukur keefektifan.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kualitas kevalidan memenuhi kriteria valid
berdasarkan skor rata-rata RPP yaitu 4,1 dari skor maksimalnya 5,00 dengan kriteria
berdasarkan skor rata-rata Bahan Ajar yaitu 4,2 dari skor maksimalnya 5,00 dengan
kriteria baik dengan kriteria berdasarkan skor rata-rata Tes Hasil Belajar yaitu 4,1
dari skor maksimalnya 5,00. Kualitas kepraktisan bahan ajar pembelajaran memenuhi
kriteria praktis berdasarkan skor rata-rata angket respon siswa 86,6 % dari maksimal
100% dengan kriteria sangat baik.