Abstract:
Dalam belajar matematika diperlukan adanya proses pembelajaran yang baik. Salah
satu ciri dari proses pembelajaran yang baik adalah adanya bahan ajar yang baik dan
sesuai dengan kurikulum serta karakter siswa. Penelitian ini merupakan penelitian
tentang pengembangan lembar kerja peserta didik pada materi pecahan. Tahapan
pengembangan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan model desain Dick and
Carey yaitu desain model pembelajaran yang dikembangkan melalui pendekatan
sistem. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran
matematika dengan materi pecahan berupa lembar kerja peserta didik yang
diharapkan dapat meningkakan kemampuan berfikir kritis siswa. Bahan pembelajaran
yang dikembangkan menggunakan pendekatan desain Dick and Carey yang
diharapkan menghasilkan kualitas bahan ajar yang baik. Hasil uji validasi ahli media
dieroleh dengan rata-rata 3,85, oleh ahli materi sebesar 3,73, dan dosen sebesar 4,07.
Sehingga nilai rata-rata dari validator adalah 3,88 valid dan baikuntuk digunakan
sebagai bahan ajar. Sedangkan respon siswa terhadap LKPD pada materi pecahan
adalah sebesar 4,42 tergolong kategori sangat baik. Setelah dilakukan revisi maka
LKS materi himpunan layak digunakan sebagai bahan ajar matematika di kelas VII
SMP