Abstract:
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana pengembangkan
perangkat pembelajaran menggunakan model Quantum dikelas VII MTs Aisyiyah
Tahun Pelajaran 2017 / 2018 ditinjau dari karakter siswa(2)Bagaimana respon siswa
terhadap komponen dan proses pembelajaran dengan menggunakan perangkat
pembelajaran yang dikembangkan menggunakan model pembelajaran
Quantum.Tujuan dari Penelitian ini Untuk mengetahui bagaimana pengembangkan
perangkat pembelajaran menggunakan model Quantum dikelas VII MTs Aisyiyah
Tahun Pelajaran 2017/ 2018 ditinjau dari karakter siswa.(2) Untuk mengetahui
bagaimana respon siswa terhadap komponen dan proses pembelajaran dengan
menggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan menggunakan model
pembelajaran Quantum Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan
perangkat pembelajaran matematika untuk aritmatika sosial menggunakan metode
Quantum.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII-B yang terdiri
dari 38 siswa dan yang menjadi sampel penelitian ini adalah 10 orang siswa dari kelas
VII-B. Penelitian menggunakan prosedur penelitian dan pengembangan dari Borg
and Gall, yang meliputi: (1)Studi Pendhuluan(2)Merencanakan Penelitian
(3)Pengembangan Desain (4) Uji Coba Terbatas (5) Revisi Hasil Uji Lapangan
Terbatas,Perangkat Pembelajaran yang dikembangkan adalah silabus,RPP,Bahan
Ajar,LKPD, Media danTes Hasil Bejar. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa
kelas VII MTs Aisyiyah Sumut ,Objek penelitian ini adalah semua perangkat
pembelajaran yang dikembangkan oleh peneliti,Teknik pengumpulan data yang di
gunakan adalah Angket.Dari hasil Validasi perangkat pembelajaran adalah 4,20
termasuk dalam katagori “Baik” sedangkan angket respon siswa terhadap proses
pembelajaran Quantum termasuk dalam kategori “Bagus”. Selain Itu siswa dan guru
berperan aktif saat pembelajaran.