Research Repository

Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Explicit Instruction Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa SMP Muhammadiyah 49 Medan T.P 2017/2018.

Show simple item record

dc.contributor.author Siregar, Mutia Rifkah
dc.date.accessioned 2020-11-11T07:25:29Z
dc.date.available 2020-11-11T07:25:29Z
dc.date.issued 2018-03-14
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10410
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: bagaimana efektivitas penggunaan model pembelajaran Explicit Intruction untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 49 Medan pada materi sistem persamaan linier dua variabel di kelas VIII SMP Muhammadiyah 49 Medan T.P 2017/2018. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 49 Medan T.P 2017/2018 yang terdiri dari 27 orang siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yaitu untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan model Explicit Instruction. Teknik dan alat pengumpulan data dalam penelitian ini adalah melalui tes dan lembar observasi yang dilakukan pada saat berlangsungnya pembelajaran matematika. Data pada tes awal tingkat ketuntasan belajar siswa ditulis dalam bentuk tabel dan grafik. Pada tes awal tingkat ketuntasan belajar siswa secara klasikal diperoleh 3 orang siswa (11,11%) yang tuntas serta 24 orang siswa (88,89%) yang tidak tuntas. Pada siklus I meningkat menjadi 13 orang siswa (48,14%) yang tuntas, sedangkan 14 orang siswa (51,85%) belum tuntas, dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 24 orang siswa (88,89%) yang tuntas, sedangkan 3 orang siswa (11,11%) belum mencapai ketuntasan belajar secara klasikal. Hasil observasi pengelolaan kelas mengalami peningkatan dari siklus I memperoleh rata-rata 6,5 dan siklus II memperoleh skor rata-rata 8,75 dan hasil observasi aktivitas siswa yang dilakukan peneliti menunjukkan hasil rata-rata pada siklus I sebesar 2,14 dan pada siklus II sebesar 3,31. Aktivitas dan keefektifan belajar matematika siswa selalu mengalami peningkatan mulai tes awal, siklus I, dan siklus II. Hal ini menunjukkan bahwa belajar matematika menggunakan model Explicit Instruction pada siswa SMP Muhammadiyah 49 Medan T.P 2017/2018 efektif ditinjau dari ketuntasan belajar siswa, aktivitas siswa. en_US
dc.subject Efektivitas en_US
dc.subject Model Explicit Intruction en_US
dc.subject Meningkatkan Hasil Belajar Matematika en_US
dc.title Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Explicit Instruction Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa SMP Muhammadiyah 49 Medan T.P 2017/2018. en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account