Research Repository

Analisis Keefektifan Pembelajaran Matematika Menggunakan Model Inside Outside Circle pada Siswa SMP Al-Hidayah Medan T.P 2017/2018

Show simple item record

dc.contributor.author Murdiantini
dc.date.accessioned 2020-11-11T07:22:21Z
dc.date.available 2020-11-11T07:22:21Z
dc.date.issued 2017-10-18
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10401
dc.description.abstract Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah dengan menggunakan Model Inside Outside Circle efektif ditinjau dari ketuntusan belajar siswa, aktivitas belajar siswa, kemampuan guru mengelolah pembelajaran, dan respon siswa pada pembelajaran matematika siswa SMP AlHidayah Medan T.P 2017/2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan pembelajaran matematika menggunakan Model Inside Outside Circle efektif ditinjau dari ketuntusan belajar siswa, aktivitas belajar siswa, kemampuan guru mengelolah pembelajaran, dan respon siswa pada siswa SMP Al-Hidayah Medan T.P 2017/2018. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP AlHidayah Medan sedangkan yang menjadi sampel adalah siswa SMP Al-Hidayah Medan kelas VII-B yang berjumlah 40 orang. Adapun instrumen dalam penelitian ini adalah tes dan observasi, dimana tes untuk ketuntasan belajar dan observasi untuk indikator efektivitas yaitu aktivitas belajar siswa, kemampuan guru mengelolah pembelajaran, respon siswa. Sedangkan untuk untuk mengumpulkan data hasil belajar matematika diambil dari nilai tes siswa. Berdasarkan hasil dari penelitian diperoleh hasil sebagai berikut : ketuntasan belajar 95% berada pada kategori Tuntas, aktivitas belajar 91% berada pada kategori Sangat Aktif, kemampuan guru 93% berada pada kategori Sangat Baik, respon siswa 92% berada pada kategori Sangat Positif. Dari penelitian ini disimpulkan bahwa penggunaan Model Inside Outside Circle memiliki keefektifan yang baik pada pembelajaran matematika siswa SMP Al-Hidayah Medan T.P 2017/2018. en_US
dc.subject Keefektifan en_US
dc.subject Model Inside Outside Circle en_US
dc.subject Hasil Belajar Matematika en_US
dc.title Analisis Keefektifan Pembelajaran Matematika Menggunakan Model Inside Outside Circle pada Siswa SMP Al-Hidayah Medan T.P 2017/2018 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account