Abstract:
Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah
dengan menggunakan Model Inside Outside Circle efektif ditinjau dari
ketuntusan belajar siswa, aktivitas belajar siswa, kemampuan guru mengelolah
pembelajaran, dan respon siswa pada pembelajaran matematika siswa SMP AlHidayah
Medan T.P 2017/2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
keefektifan pembelajaran matematika menggunakan Model Inside Outside Circle
efektif ditinjau dari ketuntusan belajar siswa, aktivitas belajar siswa, kemampuan
guru mengelolah pembelajaran, dan respon siswa pada siswa SMP Al-Hidayah
Medan T.P 2017/2018. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP AlHidayah
Medan
sedangkan
yang
menjadi
sampel
adalah
siswa
SMP
Al-Hidayah
Medan
kelas
VII-B
yang
berjumlah
40
orang.
Adapun
instrumen
dalam
penelitian
ini
adalah tes dan observasi, dimana tes untuk ketuntasan belajar dan observasi
untuk indikator efektivitas yaitu aktivitas belajar siswa, kemampuan guru
mengelolah pembelajaran, respon siswa. Sedangkan untuk untuk mengumpulkan
data hasil belajar matematika diambil dari nilai tes siswa. Berdasarkan hasil dari
penelitian diperoleh hasil sebagai berikut : ketuntasan belajar 95% berada pada
kategori Tuntas, aktivitas belajar 91% berada pada kategori Sangat Aktif,
kemampuan guru 93% berada pada kategori Sangat Baik, respon siswa 92%
berada pada kategori Sangat Positif. Dari penelitian ini disimpulkan bahwa
penggunaan Model Inside Outside Circle memiliki keefektifan yang baik pada
pembelajaran matematika siswa SMP Al-Hidayah Medan T.P 2017/2018.