Abstract:
Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik)
matematika menggunakan model TGT (Teams Games Tournament). Prosedur
pengembangan yang digunakan model 4-D yang dimodifikasi. Modifikasi yang
dilakukan adalah model hanya memuat tahap pendefinisian (define), tahap perancangan
(design), dan tahap pengembangan (development). Modisikasi 4-D menjadi 3-D
dilakukan karena ruang lingkupnya terlalu luas dan keterbatasan kemampuan peneliti.
Instrument penilaian yang digunakan adalah Lembar Validasi Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran (RPP), Lembar Validasi Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), Lembar
Validasi Perangkat Penilaian. Hasil analisis data menunjukkan bahwa LKPD
Menggunakan Model TGT (Team Games Tournament) memenuhi kriteria baik.
Penilaian hasil validitas RPP memperoleh skor rata – rata 4,1, penilaian hasil validitas
LKPD memperoleh skor rata – rata 4,0, dan penilaian hasil validitas tes hasil belajar
memperoleh skor rata – rata 3,9. Hal ini menunjukkan bahwa LKPD menggunakan model
TGT (Team Games Tournament) yang telah dikembangkan sudah layak diterapkan pada
siswa sekolah menengah kejuruan (SMK).