Abstract:
Rumusan masalah dalam penelitian adalah apakah penggunaanmodel
Discovery Learning dengan Pendekatan Scientific pada pokok bahasan
himpunan siswa kelas VIISMP Swasta Al-Hikmah Tj.PuraT.P 2016/2017.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaanmodel Discovery
Learning dengan Pendekatan
Scientific dalam pembelajaran matematika pada siswa SMP Swasta Al-Hikmah
Tj.Pura T.P 2016/2017. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas SMP
Swasta Al-Hikmah Tj.PuraT.P 2016/2017 yang terdiri dari 3 kelas yang
berjumlah 90 orang. Sampel diambil dari secara acak yaitu siswa kelas VII A
yang berjumlah 30 siswa yang diajarkan model Discovery Learning dengan
Pendekatan Scientific. Kelas VII B yang berjumlah 30 siswa yang diajarkan
dengan model konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini
adalah tes berbentuk essay yang telah divalidkan sebanyak 10 butir soal yang
terdiri dari 5 butir soal untuk pretest dan 5 butir soal untuk posttest. Dari hasil
penelitian yang telah dilakukan, diperoleh rata - rata nilai pretest dan posttest
kelas eksperimen beturut – turut adalah 66,667 dan 87,833. Sedangkan rata –
rata nilai pretest dan posttest kelas kontrol berturut – turut adalah 64,667 dan
81,167. Dari hasil perhitungan yang menggunakan uji Gain diperoleh
peningkatan hasil belajar kelas eksperimen sebesar 90% dan peningkatan hasil
belajar kelas kontrol sebesar 73%. Maka peningkatan hasil belajar matematika
kelas eksperimen berada pada kriteria tinggi, dan peningkatan hasil belajar
kelas kontrol berada pada kriteria tinggi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah
penggunaan model Discovery Learning dengan Pendekatan
Scientificdalam pembelajaran matematika pada siswa siswa SMP Swasta AlHikmah
Tj.Pura
T.P
2016/2017.