Research Repository

Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Quantum Learning Untuk Mendukung Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMA Al-Hidayah MEDAN T.P 2017/2018

Show simple item record

dc.contributor.author Dalimunthe, Siti Asfiranna Sari
dc.date.accessioned 2020-11-11T07:18:32Z
dc.date.available 2020-11-11T07:18:32Z
dc.date.issued 2018-03-20
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10390
dc.description.abstract Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui prosedur pengembangan Modul berbasis Quantum Learning pada siswa kelas X IPA SMA Al-Hidayah Medan. Pada penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan model Thiagarajan, Sammel dan Sammel yaitu model 4-D yang telah dimodifikasi. Proses pengembangan tersebut terdiri dari empat tahap, yaitu: define. design, develop, disseminate. Subjek penelitian ini adalah siswa-siswi kelas X IPA SMA Al-Hidayah Medan yang berjumlah 15 orang. Objek penelitian ini adalah RPP, Modul dan Tes Kemampuan Pemecahan Masalah. Instrumen penilaian yang digunakan adalah lembar penilaian RPP, lembar penilaian Modul dan lembar penilaian tes kemampuan pemecahan masalah. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa : a ) hasil validasi RPP diperoleh skor rata-rata total 4,1 dengan kriteria “Baik”, hasil validasi Modul diperoleh skor rata-rata total 3,9 dengan kriteria “Baik”, dan hasil validasi Tes Kemampuan Pemecahan Masalah diperoleh skor rata-rata total 4,2 dengan kriteria “Baik”., b) hasil analisis data tes kemampuan pemecahan masalah diperoleh presentase ketuntasan klasikal sebesar 80% en_US
dc.subject Modul en_US
dc.subject Quantum Learning en_US
dc.title Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Quantum Learning Untuk Mendukung Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMA Al-Hidayah MEDAN T.P 2017/2018 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account