Abstract:
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui prosedur pengembangan Modul
berbasis Quantum Learning pada siswa kelas X IPA SMA Al-Hidayah Medan.
Pada penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan model
Thiagarajan, Sammel dan Sammel yaitu model 4-D yang telah dimodifikasi.
Proses pengembangan tersebut terdiri dari empat tahap, yaitu: define. design,
develop, disseminate. Subjek penelitian ini adalah siswa-siswi kelas X IPA SMA
Al-Hidayah Medan yang berjumlah 15 orang. Objek penelitian ini adalah RPP,
Modul dan Tes Kemampuan Pemecahan Masalah. Instrumen penilaian yang
digunakan adalah lembar penilaian RPP, lembar penilaian Modul dan lembar
penilaian tes kemampuan pemecahan masalah. Berdasarkan hasil analisis data
yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa : a
) hasil validasi RPP
diperoleh skor rata-rata total 4,1 dengan kriteria “Baik”, hasil validasi Modul
diperoleh skor rata-rata total 3,9 dengan kriteria “Baik”, dan hasil validasi Tes
Kemampuan Pemecahan Masalah diperoleh skor rata-rata total 4,2 dengan kriteria
“Baik”., b) hasil analisis data tes kemampuan pemecahan masalah diperoleh
presentase ketuntasan klasikal sebesar 80%