Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya peningkatan kemampuan
koneksi matematis dan hasil belajar matematika setelah menggunakan model
Missouri Mathematics Project (MMP) di kelas VIII C SMP Swasta Imelda Medan
T.P 2017/2018, jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK)
instrument penelitian adalah tes dan observasi dengan subjek penelitian adalah
siswa kelas VIII C SMP Swasta Imelda Medan Tahun Pelajaran 2017/2018 yang
terdiri dari 28 siswa. Adapun menjadi rumusan masalah penelitian ini adalah
apakah penggunaan model Missouri Mathematics Project (MMP) dapat
meningkatkan kemampuan koneksi matematis siswa SMP Swasta Imelda Medan
T.P 2017/2018 dan apakah model Missouri Mathematics Project (MMP) dapat
meningkatkan hasil belajar matematika siswa SMP Swasta Imelda Medan T.P
2017/2018. Hasil observasi kemampun koneksi matematis siswa dari siklus I yang
memiliki skor rata-rata tertinggi adalah indikator menggunakan prosedur
matematika yang telah dipahami sebelumnya yaitu 2,6 pada siklus II dengan skor
2,8 dan pada siklus III mengalami peningkatan lagi menjadi 3,6. Sehingga pada
siklus I rata-rata keseluruhan aspek sebesar 2,3 dengan kategori cukup mengalami
peningkatan pada siklus II yang rata-rata keseluruhannya sebesar 2,6 dengan
kategori baik dan mengalami peningkatan lagi pada siklus III dengan rata-rata
keseluruhannya 3,3 dengan kategori baik. Hasil penelitian pada tes awal diperoleh
data sebanyak 9 siswa (32,14%) telah mencapai ketuntasan belajar dengan nilai
rata-rata 62,14. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I diperoleh data sebanyak
14 orang siswa (50%) telah mencapai ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata
68,21. Sedangkan pada siklus II diperoleh data sebanyak 20 orang siswa (71,42%)
telah mencapai ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata 72,14 dan pada sikus III
diperoleh data sebanyak 25 orang siswa (89,20%) telah mencapai ketuntasan
belajar dengan nilai rata-rata 77,14.