Abstract:
Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah
bagaimana pengembangan perangkat pembelajaran matematika melalui
pendekatan realistik siswa kelas VII semester genap pada pokok bahasan
aritmetika sosial. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat
pembelajaran berbasis pendekatan realistik matematika siswa SMP
Muhammadiyah 48 Medan yang valid dan efektif dan sesuai dengan
kurikulum 2013. Penelitian ini melibatkan subjek yaitu siswa kelas VIISMP
Muhammadiyah 48. Objek penelitian ini adalah mengembangkan
perangkat pembelajaran berupa RPP, LKPD, dan Tes. Jenis penelitian ini
adalah penelitian pengembangan (research and Development / R & D)
yaitu metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk
tertentu, dan menguji keefektivan produk tersebut. Peneliti menggunakan
model 4-D yang dimodifikasi. Modifikasi yang dilakukan adalah model
hanya memuat tahap pendefinisian (Define), perancangan (Design),
pengembangan (Develope). Modifikasi 4-D menjadi 3-D dilakukan karena
ruang lingkupnya terlalu luas dan keterbatasan peneliti. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh kelas VII-B yang berjumlah 29 orang siswa.
Hasil dari kevalidan perangkat pembelajaran yang dikembangkan
termasuk kategori sangat layak. Berdasarkan ujicoba yang telah
dilakukan, pembelajaran pada materi aritmetika sosial dengan
menggunakan pendekatan realistik sudah mencapai kriteria ketuntasan,
dan ketercapaian indikator sudah tercapai sebesar 83,6% untuk indikator
pertama,76,7% untuk indikator kedua, 73,3% untuk indikator ketiga,
71,6% untuk indikator keempat dan 70,7% untuk indikator kelima. Dengan
demikian perangkat pembelajaran menggunakan pendekatan realistik
yang telah dikembangkan sudah memenuhi kevalidan.