Research Repository

Pengembangan Pembelajaran Matematika Berbasis Intuisi Pada Siswa SMK PAB 1 Helvetia T.P 2017/2018

Show simple item record

dc.contributor.author Khairiddha, Siti
dc.date.accessioned 2020-11-11T07:06:22Z
dc.date.available 2020-11-11T07:06:22Z
dc.date.issued 2018-03-20
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/10363
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan pembelajaran berbasis Intuisi Bahasan Perbandingan Trigonometri pada segitiga siku-siku kelas X SMK. pembelajaran dikembangkan sesuai dengan prosedur pengembangan produk Pembelajarn yang dikembangkan mengikuti model pengembangan 4D ( four-D Model) dikemukakan oleh Thiagarajan and Semmel pada tahun 1947 yang terdiri dari empat tahap yaitu Define (pendefinisian), Design (perancangan), Develop (pengembangan) dan Disseminate (penyebaran).Namun, penelitian ini dilaksanakan sampai fase tes, evaluasi, dan revisi sehingga hasilnya berupa prototipe final dari pembelajaran yang siap diujicobakan lebih luas. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut. (1) Media pembelajaran merupakan media yang memperhatikan tingkat berpikir siswa dan membantu siswa dalam memecahkan masalah matematika. (2) Media pembelajaran dikembangkan melalui prosedur berikut, investigasi awal; desain; realisasi/konstruksi; tes, evaluasi, dan revisi. (3) bahan ajar adalah valid, praktis, dan efektif. (4) Pengembangan media pembelajaran meningkatkan prestasi dan motivasi belajar matematika siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan agar pembelajaran matematika di Kelas X SMA khususnya bahasan Perbandingan Trigonometri Pada Segitiga siku-siku menggunakan pembelajaran berbasis Intuisi pada Bahasan Perbandingan Trigonometri Pada Segitiga siku-siku kelas X SMK. Selain itu, pembelajaran berupa bahan ajar yang berhasil dikembangkan dalam penelitian ini dapat dijadikan pedoman bagi praktisi dan guru, dalam mengembangkan pembelajaran sesuai dengan karakteristik pembelajaran yang diterapkan, baik dari segi prosedur pengembangan maupun proses untuk mendapatkan kualitas media pembelajaran en_US
dc.subject pembelajaran berbasis intuisi en_US
dc.title Pengembangan Pembelajaran Matematika Berbasis Intuisi Pada Siswa SMK PAB 1 Helvetia T.P 2017/2018 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account