Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan pembelajaran berbasis Intuisi
Bahasan Perbandingan Trigonometri pada segitiga siku-siku kelas X SMK. pembelajaran
dikembangkan sesuai dengan prosedur pengembangan produk Pembelajarn yang
dikembangkan mengikuti model pengembangan 4D ( four-D Model) dikemukakan
oleh Thiagarajan and Semmel pada tahun 1947 yang terdiri dari empat tahap yaitu
Define (pendefinisian), Design (perancangan), Develop (pengembangan) dan
Disseminate (penyebaran).Namun, penelitian ini dilaksanakan sampai fase tes, evaluasi,
dan revisi sehingga hasilnya berupa prototipe final dari pembelajaran yang siap diujicobakan
lebih luas.
Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut. (1) Media pembelajaran merupakan
media yang memperhatikan tingkat berpikir siswa dan membantu siswa dalam
memecahkan masalah matematika. (2) Media pembelajaran dikembangkan melalui
prosedur berikut, investigasi awal; desain; realisasi/konstruksi; tes, evaluasi, dan
revisi. (3) bahan ajar adalah valid, praktis, dan efektif. (4) Pengembangan media
pembelajaran meningkatkan prestasi dan motivasi belajar matematika siswa.
Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan agar pembelajaran matematika di Kelas
X SMA khususnya bahasan Perbandingan Trigonometri Pada Segitiga siku-siku
menggunakan pembelajaran berbasis Intuisi pada Bahasan Perbandingan
Trigonometri Pada Segitiga siku-siku kelas X SMK. Selain itu, pembelajaran berupa
bahan ajar yang berhasil dikembangkan dalam penelitian ini dapat dijadikan pedoman
bagi praktisi dan guru, dalam mengembangkan pembelajaran sesuai dengan
karakteristik pembelajaran yang diterapkan, baik dari segi prosedur pengembangan
maupun proses untuk mendapatkan kualitas media pembelajaran